Kamis, 18 Oktober 2018

PERALATAN UNTUK JUALAN MIE AYAM LENGKAP
















Spesial : MINGGU INI

PERTEMUAN KEDUA 

BAB 2 : Perlengkapan usaha mie ayam

oleh : Kami untuk Anda

dibimbing langsung oleh pakar yang merupakan praktisi dan sudah mempunyai pengalaman di bidang tersebut. Sehingga kita bisa menyerap langsung ilmu dan mudah untuk dipahami serta easy untuk diaplikasikan ke lapangan

( membangun negeri dengan berdagang )

nb : kami mengucapkan mohon maaf sebesar-besarnya atas segala kekurangan kami. 

Apa kabar Nusantara,

Mie ayam adalah satu diantara puluhan kuliner di Indonesia yang merajai segmen pasar negeri. Dimana keunikan yang dimiliki serta ciri khas yang hangat ini tak hanya diincar oleh sedikit kalangan melainkan banyak kalangan. Mulai dari anak-anak, dewasa bahkan sampai lansia sekalipun. Dari pelosok desa, rumahan, bahkan hingga komplek perkotaan yang padat sekalipun.

Tak heran, jika jajanan berat dengan mangkuk berisi mie kuning, ayam dengan saus kecap ini menjadi salah satu potensi bisnis yang sudah digeluti banyak orang. Tahun demi tahun, ciri khas dan karakter uniknya masih saja melekat di hati para penggemar. Namun, di era modern ini perkembangan dan kemajuan kuliner juga mengalami upgrade seperti dengan hadirnya konsep waralaba dan membangun branding yang lebih baik.

Branding usaha memang penting, karena itu membangun citra di telinga para pelanggan.

Minggu ini kami sudah memutuskan untuk sharing kepada pemirsa sekaligus bagi calon pedagang mie ayam yang minat untuk terjun di dunia tersebut. Yakni berkaitan dengan perlengkapan atau alat2 yang dibutuhkan untuk usaha atau jualan mie ayam.

Info sederhana ini kami ulas, setelah kami temui beberapa pertanyaan di dunia net tentang ''peralatan untuk jualan mie ayam secara lengkap'' Dan sudah tentu kami pahami betul ini cukup membantu untuk para pemain baru yang masih taraf belajar dan memahami pola bisnisnya.


Kenapa harus mengetahui peralatan mie ayam ?


Ini sifatnya sangat simple tapi syarat makna. Dengan mengetahui beberapa hal yang dibutuhkan untuk membangun kedai mie ayam. Kita akan mengurangi resiko kelabakan / kebingunan ketika tiba di suatu hari dimana kita mulai soft launching selling. 

Dalam berdagang makanan, memang ada beberapa alat pokok dan alat tambahan yang bisa kita tambahkan. Untuk yang pokok, sudah tidak bisa ditawar lagi dan hukumnya wajib tersedia. 

Akan sangat aneh, ketika kita sudah mulai jualan di pinggir jalan tapi ketika konsumen datang. Ada alat penting yang ternyata kita gak ready, nah kita jadi bingung pakai alat pengganti apa. Kok gak ada penyaring mie, kok gak ada kompor gas. Semisal....

Di website ini kami kupas tuntas secara detail dan gamblang. Dengan harapan, kita saling bantu membantu baur-membaur.

DAN BERIKUT INI DIA BEBERAPA ALAT YANG DIBUTUHKAN UNTUK USAHA MIE AYAM BAIK YANG POKOK MAUPUN TAMBAHAN ?


(# 1 ) Gerobak / Booth 

Untuk gerobak atau booth masuk dalam klasifikasi pokok atau wajib. Sehingga, kita tidak bisa tawar menawar lagi. Karena, ini menjadi pusat untuk membuat serta meracik masakan dari mentah hingga matang. Dan bahkan di sinilah, menjadi tempat untuk kita melakukan plating. 

Untuk booth Mie ayam / gerobak ada 2 jenis ;

  1. Gerobak kayu : terbuat dari bahan utama kayu, jenis kayu yang dipilih bisa menggunakan kayu jati biasa ( example : jati muda / jati tua ). Untuk trend modern ini banyak yang mengusung konsep minimalis dengan gunakan jati belanda. Bentuk corak kayu lebih futuristik dan cocok untuk booth modern. Booth kayu bisa dipesan langsung dari pengrajin kayu atau bahkan ada  juga yang menjualnya dan sudah tersedia lubang meja untuk menaruh dandang perebus.
  2. Gerobak alumunium : Bahan utama untuk pembuatan gerobak ini cenderung lebih awet dan anti dengan serangan rayap. Karena terbuat dari bahan alumunium. Walaupun demikian, baik kayu atu aluminium adalah masalah selera atau ciri khas yang ingin disuguhkan ke pelanggan dan punya plus minusnya masing-masing
(# 2 ) Dandang Perebus Mie & Kuah


Apa itu dandang mie. Alat ini masuk jajaran alat sangat urgent sekali. Dimana hampir jika anda jajan di sebuah warung bakso atau mie ayam. Anda akan melihat juru masak akan memasukkan segenggam mie ke dalam sebuah wadah besar berisikan air panas. Dandang biasa disebut sebagai buleng.

Alat ini cukup mudah ditemukan, jika kita bingung untuk mendapatkannya.  Di beberapa toko online juga menyediakan dandang khusus masak mie & bakso dan bisa dikirim ke alamat pemesan dengan disertai alamat lengkap dan kode pos dan pengiriman via kurir JNE, POS, TIKI, WAHANA, J&T DLL. Oh ya, bentuknya kurang lebih seperti yang di atas tersebut.

Kami sengaja membuat desain sederhana itu, untuk gambaran saja.

Dandang selain digunakan untuk memasukkan rebusan mie untuk mie ayam. Juga dipakai untuk memasukkan potongan sawi untuk direbus.

Dan juga menjadi alat serbaguna ( karena menjadi alat penampung kuah yang cukup besar ). 

Ada beberapa varian, dandang tanpa telinga. Dandang dengan gagang 2 atau dengan gagang 4. 

(# 3 ) Set Lengkap Kompor Gas

Untuk nomor 3 yang amat penting untuk usaha mie ayam juga baso adalah 1 set alat kompor gas yang terdiri dari Semawar, Selang + Regulator dan Tabung gas dengan rincian atau deskripsi sebagai berikut :

  1. Semawar : Kalau di rumah kita biasa memasak dengan kompor gas 1 dudukan atau 2 dudukan dengan api dan tekanan yang bisa diatur untuk memasak sayur, menanak nasi dll. Namun yang ini jelas lebih beda. Semawar adalah jenis kompor khusus dengan tekanan api yang cukup tinggi dan sudah ada lubang yang terhubung dengan selang juga regulator untuk mendapatkan suplai gas siap bakar. Besar kecilnya nyala api dalam semawar kadang juga bisa diatur sesuai dengan kebutuhan memasak.
  2. Selang & Regulator : Untuk menyalurkan gas yang tersimpan dalam tabung hingga sampai ke zona kompor siap bakar. Maka, alat yang dibutuhkan adalah selang. Bentuk selang kurang lebih hampir sama dengan model rumahan, hanya ada yang sudah modifikasi untuk terhubung dengan semawar.
  3. TABUNG GAS : Kami selalu menyarankan kepada para pelapak untuk membawa 2 tabung gas. Terserah mau pakai yang ukuran sedang semua, ukuran besar semua atau mix sedang dan besar. Membawa 2 tabung itu penting sebagai cadangan, karena isi gas bisa saja sewaktu-waktu habis ketika kita asik kejar setoran dan ketika banyak pelanggan masuk. Pelanggan tentu tak mau tahu, ketika gas habis, mereka akan jenuh ketika kita harus ke warung dulu untuk beli gas dan menunggu. Sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda.

'' di jaman dahulu sebelum ada tabung gas, penjual mie ayam masih familiar dengan kompor minyak dengan minyak tanah, seiring perkembangan jaman yang makin modern sudah mulai beralih ke bahan bakar gas'' 


(# 4 ) Mangkuk Mie Ayam


Beberapa jenis kuliner lain menawarkan bentuk plating yang bervariasi. Sebagai contoh usaha ayam lesah atau ayam penyet yang dimana-mana menggunakan piring dari anyaman rotan atau dari bambu. Kemudian ada juga jenis kuliner yang metode plating menggunakan cup kecil seperti ronde, lalu usaha kupat tahu dengan piring biasa.

Untuk jenis usaha seperti mie ayam & bakso. Ciri khas yang pasti ada dalam benak pelanggan adalah plating & penyajian dengan gunakan mangkuk sedang. Bukan mangkuk lhoh ya.

Pilihan alat penyajian tidak bersifat wajib. Tapi mungkin akan meninggalkan karakter asli. Anda boleh-boleh saja membuat sebuah brand baru dengan mencoba menyajikan mie ayam dalam sebuah wadah bambu atau dalam buah yang dilubang untuk wadah mie ayam.

Memilih alat penyajian lain merupakan bentuk kreatifitas yang sah-sah saja. Hal ini berkaitan dengan apa yang akan anda tonjolkan pada nantinya kepada konsumen setia Anda.

Tapi jangan lupa, hal terpenting yang perlu anda fikirkan adalah memberikan masakan yang enak dan pelayanan yang murah senyum agar pelanggan betah untuk mampir lagi.

Oh ya, sebagai trial awal. Cobalah untuk menyediakan 30 hingga 50 mangkuk bersih di dekat gerobak atau tempat yang sudah kamu sediakan.

(# 5) Sendok Kuah & Saringan Mie 



Ada lagi nih yang gak boleh sampai ketinggalan waktu berjualan telah tiba. Yakni kamu musti punya atau harus beli yang namanya sendok kuah dan juga saringan mie. Alat ini akan selalu kami gunakan tiap Anda mengambil kuah dengan porsi kuah yang cukup untuk dituang ke dalam mangkuk. 

Saringan mie juga sangat penting. Karena, akan memudahkan kita ketika mengambil genggaman mie yang sudah tercebur dalam kubangan air rebusan.

Alat nomor 5 ini masuk dalam golongan alat penting dan pokok. Sehingga, mau gak mau yan harus kita sediakan agar memudahkan mobilitas kerja usaha kita.

Bila Anda membeli sebuah merk waralaba, biasanya set alat ini sudah tersedia tanpa perlu mencari-carinya lagi. 

Sendok kuah yang biasa untuk ambil kuah sayur sup dirumah sudah pasti bentuk dan ukurannya beda degan sendok kuah mie ayam dengan ukuran gagang yang lebih panjang. Sehingga mampu jangkau kedalaman dandanng sampai terbawah. 

(# 6) Satu Set Wadah Bumbu


Kita masuk ke point yang nomor enam. Yang pasti juga menemani para pedagang kuliner apa asa saja. Termasuk pedagang mie ayam butuh 1 set tempat bumbu atau wadah bumbu.

Guna untuk menaruh bumbu penting seperti 

  • Garam
  • Gula
  • Penyedap Rasa
  • Micin
  • bawang goreng 
  • dll

(#7 ) Set Makan Mie Ayam ( Sendok, Garpu, Sumpit, Tisu, Mangkuk, Saos, Kecap ) 

Nomo ke-7 ini adalah beberapa perlengkapan yang sangat penting yang akan digunakan oleh para pelanggan. Sediakan beberapa keperluan seperti sendok, garpu, kemudian sumpit yang terbuat dari bahan kayu atau sumpit bambu, tisu yang pasti digunakan pelanggan sehabis makan mie ayam. 

Mangkuk sebagaimana sudah kami sebutkan sebelumnya. Saos dan kecap pada nantinya akan dituang sendiri oleh para pelanggan menyesuaikan dengan kebutuhan pedas dan manisnya kecap di lidah mereka.

Oh ya, jangan lupa menyediakan sepiring atau semangkuk sambal hijau dengan rasa pedas untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dengan selera makan tinggi bagi yang suka citarasa pedas.



(# 8) Satu hingga 5 Set Meja kursi untuk Pelanggan

Mau jualan dimana saja entah di sebuah outlet depan toko, di komplek perumahan atau di dalam kampung, pinggir jalan maupun di kawasan kuliner yang ada mall. Anda wajib menyediakan 1 atau lebih set meja dan kursi untuk duduk dan sandaran para pelanggan.

Bahan set meja kursi ada  yang terbuat dari bahan kayu, bambu, bahkan untuk yang model minimalis seperti kedai fried chicken biasa menggunakan kursi dari bahan plastik dan kaki-kaki dari besi alumunium. 

Walaupun Anda menawarkan konsep lesehan. Ada juga pelanggan yang tidak menyukai atau lagi tidak nyaman untuk duduk lesehan. Maka dari itu, set meja dan kursi pelanggan sangat dibutuhkan.

Tak lupa di atas meja, bisa ditaruh beberapa hal seperti kaleng krupuk berisikan krupuk, tisue, semangkuk acar bagi yang suka dengan tambahan garnish acar timun, wadah berisi sendok dan garpu. Jangan lupa ditambah dengan sumpit yang terbuat dari bahan kayu atau dari bambu.

Pastikan semua hal tersebut terjaga kebersihannya dari debu dan kotoran lain. Agar membuat pelanggan merasa nyaman dan tidak komplain. Meja sehabis tamu meninggalkan tempat segera dibersihkan dan di lap agar pelanggan baru yang akan datang sudah dalam keadaan bersih dan mereka minat untuk duduk di kursi yang tersedia.

Tak lupa tambahkan dengan tusuk gigi, karena sehabis makan mungkin mereka juga membutuhkan alat ini.


( # 9 ) Wadah Ayam

Bagi para pedagang mie ayam. Sudah tak lazim lagi jika mereka mempunyai wadah sendiri untuk ayam yang sudah dimasak dan disuwir dengan bumbu yang sedap khasnya. Untuk wadah daging ayam yang sudah diolah beberapa penjual ada yang menggunakan baskom, ada juga yang menggunakan toples.

Untuk masalah besar kecilnya wadah hal tersebut menyesuaikan dengan kuota yang akan dipasarkan dan jumlah berapa mangkuk perhari yang akan dihabiskan.

Bisa dikonsultasikan dengan pakar atau praktisi.


( # 10 ) Set Tempat Mencuci

Di beberapa pembahasan dan diskusi. Seringkali point ke 10 ini lupa disampaikan kepada para pelaku usaha. Banyak para pelanggan mengeluhkan masalah kebersihan yang kurang optimal.

Kebersihan / higienes adalah hal yang selalu diinginkan dibalik rasa yang enak.

Buatlah sebuah sanitasi tempat cuci yang baik dengan konsep air mengalir dengan kran di atas, ember dibawanya dengan ukuran cukup besar, dan buatlah saluran pembuangan air agar tidak menggenang dan disalurkan ke selokan.

Jangan sampai kita hanya mengandalkan air ember yang tidak pernah kita ganti airnya.

Tempat cuci ini nantinya akan jadi pusat pembersihan mangkuk bekas konsumsi konsumen, perlengkapan masak kita yang kotor.

Set cuci air mengalir ini dengan kran di atas ember sangat kita anjurkan bagi pengusaha mie ayam yang sudah menerapkan lokasi permanen atau lokasi menetap ( Bukan pedagang keliling )

Untuk yang pedagang keliling, ada strategi khusus untuk mencuci piring dan beberapa perlengkapan yang kotor yang bisa dipelajari.


( # 11 ) Lap beberapa buah

Dibalik meja yang bersih dan mangkuk yang kering disitu ada jasa lap yang sering kita abaikan. Ya, sebagai pedagang mie ayam kita tidak sampai mengabaikan untuk menyediakan lap.

Ada 2 jenis lap yang perlu kita sediakan yang dimana punya spesialis di bidang masih masing.


  1. LAP KANEBO ; Lap dengan bahan dasar kanebo ini seringkali dipakai atau digunakan untuk membersihkan debu dan kotoran pada kendaraan baik itu mobil dan motor. Dengan memilki tekstur yang empuk, lembut dan mudah menyerap air ini sangat membantu pekerjaan di dunia cuci kendaraan. Tapi di ranah kuliner, perannya dinantikan ketika meja pelanggan ketumpahan kuah atau saus dan sangat basah. Menggunakan lap kain tidaklah efektif dibandingkan jenis kanebo. Ada beberapa jenis kanebo dengan kualitas bebeda dan merk yang ditawarkanpun beda-beda pula.
  2. LAP KAIN : Kalau anda biasa melihat pedagang bakso dan mie ayam sehabis mencuci piring, apa yang mereka lakukan setelah itu. Ya, tak lain lagi adalah mengeringkan cuciannya. Mereka lebih nyaman menggunakan lap kain kering dibandingkan kanebo untuk urusan yang ini. Cobalah untuk menyediakan lap kain ini lebih dari 1, mau sampai 6 buahpun malah lebih bagus. Ketika lap yang pertama sudah mulai agak kotor, bisa diganti dengan lap baru. Setelah hari itu selesai penjualan. Pada pertemuan hari berikutnya. Lap dalam kondisi sudah dicuci dan dijemur sampai benar-benar kering. Usahakan kain tidak berbau sabun atau berbau parfum. Hal ini dikhawatirkan aroma sabun akan sampai ke masakan yang membuat rasa berubah menjadi tidak sedap. Hal yang perlu kita ingat adalah ketika membilas lap kain, usahakan sampai hilang busa sabunnya atau sampai tidak ada buih detergen. Sehingga ketika dikeringkan, sudah tidak tercium aroma sabun lagi.
Lap adalah mitra setia semua pedagang kaki lima di seluruh penjuru nusantara dan seluruh dunia. Baik yang berwaralaba ataupun tidak.



( # 12 ) Bahan Baku Mie Ayam

Setelah beberapa point di atas sudah anda sediakan. Kira-kira masih ada yang kurang gak ya ? Nah tentu kami ingkatkan di nomor ke 12 ini agar persiapan anda benar-benar matang dan ready.

Adalah bahan baku,

bahan baku berupa mie, air, ayam sudah dimasak, minyak berbumbu, bumbu, sawi segar, saus, kecap dll

Untuk mie ada 2 macam yakni 

  1. MIE BASAH : Mie basah bisa dibuat sendiri atau membeli langsung ke produsen mie basah 
  2. MIE KERING : Pilihan opsi kedua adalah mie kering, ini cenderung lebih aman, lebih awet dan simple
Untuk bahan baku secara detail akan kami bahas di BAB selanjutnya berkaitan dengan informasi resep umum untuk pembuatan mie ayam.

Berkaitan dengan resep rahasia buat mie ayam yang lebih enak bisa dengan mengikuti kursus yang diselenggarakan oleh kami selaku pusat pelatihan terpadu dari konsep dan strategi masak yang baik dan benar.


( # 13 ) Alat Listrik dan Elektronik Bila diperlukan

Untuk memastikan lokasi usaha Anda memiliki penerangan yang baik dan tidak gelap. Pastikan anda memasang lampu dengan kebutuhan cahaya terang atau sesuai dengan selera terang.

Penerangan lampu untuk sebuah usaha begitu amat urgent. Terlebih jika usaha Anda akan dibuka untuk siang dan malam.

Tempat yang sudah memiliki listrik mungkin hanya akan menambahkan terminal colokan untuk pribadi dan pelanggan.

Bagi pelanggan, mereka akan gunakan untuk chas baterai hp atau laptop ketika nongkrong di tempat Anda.

Bagi anda sendiri, mungkin akan diperlukan untuk penggunaan kipas angin, radio atau audio, dispenser untuk memasak air panas guna menyuguhkan teh panas atau jeruk panas.

Listrik juga diperlukan ketika lokasi usaha Anda akan menggunakan beberapa fasilitas tambahan seperti TV sebagai media hiburan pelangga, akses WIFI Indihome, AUDIO hiburan seperti musik non stop yang tentunya dengan tujuan menarik pelanggan.

Dan mungkin, Anda juga akan memasang alat pendingin minuman semacam kulkas atau freezer dmana anda sediakan beberapa minuman dingin soft drink. Atau jadi tempat untuk membuat es batu sebagai bahan baku pembuatan es teh manis dan es jeruk manis.

Freezer atau kulkas sudah tentu akan menggunakan akses listrik dengan daya watt yang cukup. 

Terlebih jika tempat usaha Anda adalah tempat permanen atau menetap akan menjadi penting.

Untuk kawasan kuliner, biasanya fasilitas listrik sudah disediakan oleh penyedia kawasan. Sehingga kita tidak perlu memikirkan point terakhir ini.




KAPAN KITA PERLU MENYEDIAKAN SEMUA PERLENGKAPAN ITU ?


Waktunya anda sendiri yang menentukan. Beberapa perlengkapan itu bisa anda sediakan dalam waktu bersamaan atau juga bisa dicicil secara bertahap. Asalkan jangan sampai ada  komponen yang ditinggalkan.

Keseriusan dalam usaha adalah hal yang mutlak. Karena menyangkut keberhasilan di masa depan kita.

Yang jelas, segala bentuk persiapan perlengkapan tidak baik kita lakukan secara dadakan. 

Anda perlu memilki pendampingan konsultasi usaha untuk membangun keberhasilan yang seperti diharapkan.

Semua alat tersebut perlu tersedia ketika kita sudah mulai benar-benar menentukan tanggal kapan kita akan mulai berjualan di lapak.


BOLEHKAN MENAMBAH PERALATAN DILUAR ITU ?

Boleh saja,

13 point yang kami sebutkan di atas hanya point pokok saja. Anda boleh menambahnya dengan beberapa tools baru yang tentunya akan memberi kemudahan mobilitas kerja dan usaha

DIMANA KITA BISA MENDAPATKAN PERALATAN ITU ?

Kita bisa mendapatkan semua perlengkapan itu dimana saja. Mulai dari toko serba ada / pusat perlengkapan kebutuhan rumah tangga,

untuk mendapatkan gerobak baik itu kayu atau alumunium bisa memesan dengan pengrajin kayu. Ataupun kalau membeli yang sudah jadi juga banyak.

Online : semua barang tersebut jika kita cari di online juga banyak. ( Pastikan Anda belanja di toko online yang terpercaya )

PAKETAN WARALABA : Para vendor waralaba bisa jadi opsi baik juga untuk mendapatkan alat lengkap tanpa ribet. Dimana pewaralaba menawarkan beberapa paket komplit yang biasanya disertakan dengan set alat lengkap.

Sebagai contoh kami, kami adalah pewaralaba yang berkomitmen untuk membangun kemitraan sepanjang masa dan langgeng.

Kami juga siap untuk menjadi konsultan untuk usaha Anda.


HARGA PERLENGKAPAN DI ATAS ?

Kami tidak detail mengenai harga perlengkapan per item. Karena point ini akan kami bahas di BAB KE 10 yang tentunya masih lama lagi sambil mengumpulkan beberapa materi baru yang dibutuhkan para pembaca di internet.

Beberapa bahan bacaan ini sengaja kami tulis secara mendalam agar para peserta kami sekaligus para pelaku mudah dalam membangun usaha mereka untuk lebih maju.

Sebagai contoh, kami akan memberitahu Anda untuk sample harga gerobak kayu atau aluminium mulai dari 2 jutaan hingga 10 jtaan.

Tergantung dengan ukuran, spesifikasi dan kualitas bahan yang ditawarkan.

Bentuk desainpun juga akan mempengaruhi harga barang.

Anda juga bisa melanjutkan browsing, untuk list satu per satu harga barang yang sudah kami sebutkan di atas.



KESIMPULAN 

Berjuta terima kasih kami haturkan kepada para pembaca di mana saja berada. Baik dalam negeri Indonesia dan juga yang dari luar negeri sekalipun. Kami hanya menyampaikan sedikit ilmu yang kami ketahui. Akan sangat senang jika kita bisa  berjumpa atau menjadi mitra di suatu hari nanti.

Sekiranya Anda masih punya unek-unek yang belum paham bisa dilanjut melalui sesi tatap muka dengan kami.

Oh ya, saat ini kami berada di daerah Magelang Jawa Tengah


Dan kami membuka training atau kursus usaha mie ayam

Untuk informasi paket
akan kami lampirkan


Terima kasih





Tidak ada komentar:

Posting Komentar