Kamis, 18 Oktober 2018

8 TIPS BISNIS MIE AYAM TERBAIK











Halo sobat pehobi mie ayam. Sebelumnya salam sukses buat anda semua yang sudah punya niat baik untuk belajar dan cari wawasan mengenai dunia seputar mie ayam. Ini adalah awal jumpa Anda dengan kami yang tentu akan mengawali semua.


Dimana halaman ini tak hanya akan bahas mengenai kursus & franchise tapi juga bagi-bagi tips bisnis usaha mie ayam yang tentunya bakal beri kita gambaran positif untuk melangkah lebih mantap kedepan.

Dan semoga kedepan kita bisa bangun asosiasi atau komunitas yang bisa menyatukan para pelaku usaha mie Ayam di seluruh Indonesia.
Kenapa kok kami justru membuka diri untuk berbagi resep tips dalam membangun bisnis mie ayam ?


  1. Wahana diskusi atau obrolan secara online
  2. Membangun relasi baik di dunia maya dan dunia nyata
  3. Mencari ilmu baru dalam melebarkan keilmuan dalam dunia kuliner satu sama lain
  4. Membangun kemitraan dengan Anda jika sangat dimungkinkan
  5. Media silaturahmi online

Di BAB 1 yang super luar biasa ini kami akan berbagi tips bisnis mie ayam agar sukses antara lain :



#1 MILIKI MINAT 

Banyak orang menekuni atau membangun suatu usaha baru. Namun dibalik itu, dia justru tidak begitu tertarik dengan apa yang dikerjakan. Hanya karena masalah gengsi, disuruh orang tua atau bahkan karena masalah lainnya. Yang paling bikin geli lagi adalah karena ingin ''coba2''. Padahal hal inlah yang sering bikin para pengusaha tersebut bangkrut sebelum endingnya bagus.

Padahal kunci utama dalam bisnis adalah '''diperjuangkan bukannya dicoba2''. Artinya setelah kita terjun di dalamnya, kita harus siap dengan segala resiko yang ada. Jangan hanya sekedar iseng saja. Karena iseng, hanya akan buang duit, tenaga dan juga pikiran.

Point pentingnya adalah miliki minat. Bayangkan saja, jika anda suka dengan sebuah mobil idaman atau rumah idaman. 

Di saat minat itu tertanam dalam benak Anda. Anda akan mengupayakan seratus bahkan seribu upaya untuk memilikinya. Dan bahkan anda akan rela bekerja sampai ke manapun agar bisa menabung uang dan bisa membelinya. Dan pada endingnya, akan terbeli setelah jerih payah anda totalitas.

Hal ini juga sama ketika anda memiliki minat dengan usaha mie ayam. Jika anda bisa menanamkan minat atau malah sudah miliki minat. Okay, lanjut saja ... dan jangan mundur.





# 2 BELAJAR MASAK ENAK

Apa sih yang diinginkan dari orang ketika anda memasakan sesuatu untuknya. Pasti masakan yang enak ! iya tidak ? Hal ini hampir seperti ketika anda pulang dari rumah. Anda akan berharap untuk dimasakan masakan yang enak dari orang tua. Pasti Anda akan senang sekali untuk menghampirinya atau menunggunya.

8 dari 10 orang pegiat kuliner selalu mencoba menemukan kuliner baru. Apa yang mereka cari selain hal baru, yakni adalah rasa. 

Cobalah untuk bisa memasak masakan mie ayam yang enak. Mintalah pendapat rasa 5 dari orang terdekat dengan Anda. Mintalah kepada mereka untuk jujur terhadap hasil masakan Anda. Tak peduli itu tidak enak didengar, sebagai bahan evaluasi anda.

Cobalah mengevaluasi dan memperbaiki masakan mie ayam Anda. Apa sih yang kurang. Kalau diperlukan, lakukan sesi belajar dan mencari resep rahasia dari penjual mie ayam terenak yang pernah anda buat atau juga melalui kursus yang terpercaya.

Jika anda berhasil membuat masakan enak. Anda mungkin akan menghemat energi yang banyak untuk promosi, karena pelanggan akan bercerita kesana kemari kalau mereka menemukan kedai mie ayam yang enak.

Terkadang mereka rela bayar agak mahal untuk mendapatkan masakan yang enak. Atau bahkan jika anda berikan harga yang murahpun mereka akan sangat senang dan tertarik untuk berlangganan.


# 3 TEMUKAN LOKASI USAHA YANG PAS, ATAU JADIKAN LOKASIMU MENJADI MENARIK UNTUK PELANGGAN


Kadang kita tidak perlu heran dengan sebuah lokasi usaha yang berada di lokasi yang sangat strategis, di daerah keramaian atau di pinggir jalan utama atau di pusat lalu lalang orang atau pusat perbelanjaan. 

Dimana tempat strategis menjanjikan ramai pengunjung walaupun masakan kuliner mie ayam atau bakso mereka biasa-biasa saja. Terlebih kalau masakan itu enak, malah bisa bikin pelanggan membludak.

Jika anda belum mempunyai lokasi usaha. Carilah sebuah lokasi usaha dengan kriteria di atas. Anda bisa melakukannya dengan mencari informasi dengan beberapa orang yang mungkin paham dengan cara akses untuk mendapatkan lokasi tersebut entah dalam wujud sewa atau beli.

OPSI KEDUA, Yakni dengan menjadikan lokasi kamu lebih nyaman dan menarik pengunjung meski bukan kriteria strategis. Sebagai contoh, anda mungkin pernah melihat kedai mie ayam atau bakso di perkampungan dalam atau di daerah sepi namun pengunjungnya sangat ramai. 

Setelah anda mencoba jajan disana. Barulah anda memahami, oh pantesan banyak disukai pengunjung. Lokasinya nyaman, ada wifi gratis, tempat luas dan sejuk, instagramable, dan pelayan yang ramah.

Anda bisa menjadikan ide tersebut untuk usaha mie ayam Anda pada nantinya.


# 4 SOCIAL MEDIA MARKETING

Di tahun 2018, 2019, 2020 dan seterusnya ini merupakan era digital. Dimana hampir 80% orang sudah mulai melakukan komunikasi digital, transaksi digital dan informasi digital. Mereka semua sudah terbiasa dengan yang namanya Facebook, Instagram, WA, BBM dan beberapa social media lainnya.

Hampir transaksi bisnis di era ini 50% lebih sudah mulai digital. Banyak yang melakukan belanja pakaian, makanan, barang di online dan pembayaran online.

Apalagi yang trending saat ini. Anak-anak muda berbondong-bondong mengunjungi tempat wisata baru setelah mereka melihatnya di instagram. Bahkan tak sedikit yang mencoba mengunjungi sebuah kafe baru yang sebelumnya belum pernah mereka ketahui dan ternyata melalui social media.

Untuk usaha Anda, jangan sungkan untuk bikin akun social media Mie Ayam kamu. Tapi jangan lupa, update selalu agar para pengguna internet bsa selalu dapat kabar dari kamu.


# 5 SUKAI KONSEP BERBAGI REJEKI

Saat ini sudah mulai eranya konsep berbagi rejeki. Karena dengan berbagi rejeki kita sudah melakukan sedekah untuk memberikan hak kita kepada siapa saja atau yang berhak.

Terlepas dari itu dengan berbagi kita tidak akan malah jatuh miskin. Tapi malah sering menjadikan usaha kita tetap langgeng dan banyak disukai banyak pelanggan.

Hampir dari beberapa pelaku usaha kuliner sukses sudah menerapkan konsep berbagi rejeki dengan contoh :


  1. Ada yang memberikan makanan gratis selama 3 hari atau seminggu sebelum mereka launching. Disitu informasi ini menyebar, banyak yang berbondong-bondong datang dan mencoba mencicipi. Mereka akan datang mudahnya karena penawaran gratis. Namun, setelah itu mereka akan bercerita dengan kawan-kawannya...
  2. Ada yang memiliki program makan gratis bagi ( rangking 3 besar kelas, yang berpuasa, bagi yang berulang tahun ). Hal ini kadang justru menambah semangat orang dalam belajar atau melakukan hal kebaikan.
  3. Ada juga yang menyalurkan 5% dari penjualanya untuk yayasan di tiap bulannya.
  4. Dan berbagai program berbagi lainnya
  5. Ada juga yang menerapkan hari khusus seperti hari rabu ( separuh harga dari normalnya )
Jangan takut untuk berbagi. Karena dengan berbagi, bukan berarti kita akan rugi jika dengan management yang benar.


# 6 MANAGEMENT KEUANGAN YANG BENAR


Dalam semua lini bisnis. Tak hanya ke ceruk bisnis kuliner mie ayam. Entah itu di bisnis properti, bisnis elektronik, bisnis industri produksi barang dll. Hal yang paling sering ditekankan adalah masalah management keuangan.

Beberapa diantara kita sering tidak beraturan dengan masalah keuangan. Bahkan ada yang mengeluhkan bisa memperoleh profit sebulan 20 jta tapi ludes begitu saja di akhir bulan dan bingung uang tersebut lari kemana.

Setelah menyadari mereka baru ingat suka bepergian, suka membeli hal baru tanpa memisahkan keungan pribadi dan keuangan untuk usaha. Ini sangat fatal, jika kia teledor dalam memisahkan uang pribadi dan usaha.

Kita hanya boleh menggunakan uang tersebut setelah kita memisahkan dana operasional, dana usaha dan sisanya ke rekening pribadi.

# 7 PELAYANAN YANG RAMAH

Selain masakan mie ayam yang enak dan gurih. Ada hal yang tidak boleh kita kesampingkan dari sisi ke konsumen. Yakni pelayanan yang baik dan ramah...


Kami sangat sering mendengarkan cerita seorang pelanggan enggan datang lagi ke sebuah tempat makan. Dimana mereka mengeluhkan pelayanan yang tidak ramah, kurang senyum dan justru terkesan membosankan.

Pelayanan yang ramah itu penting. Point ke 7 ini penting untuk membuat pelanggan betah di warung makan dan minat untuk kembali lagi kesana.

Lakukan evaluasi kerja, apakah dirimu atau pegawai kamu masih suka cemberut muka ketika bertemu pelanggan ?

Yuk evaluasi kinerja usaha mie ayam kamu.


# 8 ULET DAN PANTANG MENYERAH 

Kata seorang para pebisnis besar dan milyarder. Bahwasanya dalam bisnis itu pasti jalannya tidak mulus. Apalagi bisnis tersebut masih berusia muda. Dimana dalam kuliner akan sering ditemui berbagai masalah


  1. Entah sepi
  2. Pemasukan tidak mencukupi
  3. Gagal dalam memasak
  4. Manajemen sistem yang gak karuan
  5. dan beberapa faktor kegagalan lainnya

Banyak yang mengeluh dan memutuskan menyerah sebelum mereka menemui kesuksesan. Ayo pantang menyerah sampai berhasil....







MENGENAL MIE AYAM  DARI SEGI HISTORI DAN VERSI UNIK



Mie Ayam adalah salah satu dari puluhan kuliner yang paling banyak diminati masyarakat Indonesia. Dengan ciri khas sebuah mangkuk berisikan mie rebus, ayam suwir yang sudah dibumbu dan dimasak dengan kuah kental kecoklatan dengan rasa gurih legit dan beraroma sedap. Kemudian sayuran sawi yang dimasukkan ke dalam dandang berisikan air panas kemudian dipotong-potong ke dalam toping mangkuk serta di berikan saos dan kecap. 

Ketika Anda mencoba mie ayam. Mungkin beberapa dari Anda akan memilih untuk mencoba lagi dan menjadikan sebagai hobi kuliner atau masuk dalam list kuliner seru Anda.

Mie ayam adalah kuliner yang begitu mengesankan dan memberikan sebuah sentuhan makanan yang sederhana, murah tapi nikmat. Dan bahkan digemari oleh banyak orang.

Dalam dunia kuliner, mie ayam menjadi street food yang selalu bersanding dengan bakso. Bahkan ada juga yang mengkreasikan mie ayam bakso. Tapi pada esensinya, mie ayam tetaplah mie ayam. Dimana beberapa isi di dalam mangkuk adalah seperti yang kami sebutkan di atas. 

Yang kemudian beberapa para kreatif food mencoba kreasikan dengan pangsit renyah atau beberapa toping lainnya yang bikin kita temukan suasana baru.


MIE AYAM TEMPO DULU & SEKARANG

Berbicara kuliner yang satu ini. Para street food lovers sudah pasti tahu dan bahkan setuju kalau makanan jajanan yang bikin meleleh ini masuk dalam jajaran makanan legendaris. Bagaimana tidak ? dari kecil saja kita sudah banyak menemukan jajanan ini hampir di pinggir jalan, di dekat sekolah, di daerah terminal, bahkan yang paling khasnya adalah dengan berkeliling menggunakan gerobak.

Namun, beberapa pedagang Mie Ayam kemudian memutuskan untuk mempunyai stand sendiri. Baik itu sebuah rumah yang dijadikan sebagai warung mie ayam, atau sebuah toko dan ruko yang kemudian disewa atau dibeli. 

Dari masa ke masa, ketenaran mie ayam tidak perna redup. Dan bahkan jika dulu itu dikenal jajanan yang sering dibeli. Kini bukannya terhempas oleh kurun waktu dan perkembangan teknologi. Melainkan makin eksis, variatif, dan bahkan ada  juga yang mencoba eksperimen dengan beberapa toping baru. 

Kami jadi lebih tertarik untuk mempelajari sejarah atau asal usul mie ayam itu sendiri sebelum akhirnya menjadikan trend yang tak hanya hadir di dekade saat ini saja. Melainkan menjadi sebuah trend yang turun-temurun dan memang selalu disukai kapanpun.

Sampai saat ini masih banyak sekali yang menjajakan mie ayam dengan menggunakan kendaraan gerobak dorong keliling desa atau kampung. Hal ini dikenal dengan istilah jemput bola, atau jemput rejeki secara langsung. Karena tidak selalu, seseorang pembeli makanan sempat untuk keluar rumah.

Terobosan jaman dulu untuk keliling menggunakan gerobak rupanya menjadi jawaban kemudahan untuk mendapatkan makanan yang gampang. Bagaimana dengan kampung atau di kota Anda ? apakah juga lebih mudah ditemui pedagang dengan gerobak keliling.

Tak hanya mie ayam, beberapa jajanan lainpun seperti bubur kacang ijo, simoay, batagor, cilok, es krim bahkan juga menggunakan gerobak dorong. Namun, pada nantinya kami hanya akan fokus untuk pembahasan yang bisnis mie ayam. Widiih... ternyata pada ending pembicaraanya adalah soal wirausaha. Karena, kami selalu berharap Anda semua punya jiwa wirausaha. 

Siapa tahu, nanti suatu hari atau tahun depan mampu buka gerai usaha kuliner mie ayam atau bakso.

Tempoe dulu juga, ketika tahun 90 an. Nama mie ayam mungkin masih banyak kita temui dengan nama mie pitik, mie lung dan nama-nama lain. Oh ya, jika anda punya sejarah tambahan atau ingin berbagi. Kami juga akan dengan senang hati mendengarkan story dari Anda.

BISNIS MIE AYAM 


Berbicara soal bisnis, adalah pembicaraan yang sangat kami tunggu dan mungkin anda juga kami harap untuk antusias. Karena  ngobrolin bisnis, 100% berkaitan dengan wirausaha dimana membentuk pribadi yang entrepreneurship. Jiwa pengusaha ini harapannya tidak hanya muncul di kalangan para senior dan para orang tua saja. Anak muda juga sangat mungkin untuk bisa menjadi pemain kuliner yang memegang estafet perjuangan dunia kuliner legendaris ini.

Dalam bisnis, kami tidak ingin mengatakan ini suatu hal yang menggiurkan atau sangat menjanjikan. Tapi, yang kami ingin sampaikan kepada anda adalah wirausaha berkaitan dengan upaya. Dimana keberhasilan dalam berbisnis menjadi sebuah hasil tangan Anda.

Lalu point tambahannya apa ?


  1. Makanan yang memang sudah banyak diminati
  2. mudah dalam pengelolaan bisnis
  3. dukungan tempat yang strategis
  4. strategi marketing yang baik
  5. kemampuan dalam membuat resep yang pas
  6. kepiawaian dalam membuat konsumen senang
  7. dan ketekunan serta kesabaran
Seperti bisnis mie ayam, anda sudah mengantongi point pertama. Sehingga langkah untuk membuat bisnis anda maju atau berkembang sudah Anda pegang.

Seperti apa sih keuntungan bisnis mie ayam ?

Pernahkah anda bertanya dengan pelaku usaha mie ayam atau pedagang mie ayam. Berapa keuntungan omset atau laba bersih yang mampu mereka hasilkan per hari atau bahkan per minggunya. Atau jika tidak mungkin teman, saudara atau keluarga Anda pernah bercerita mengenai omset bisnis mie ayam.

Maka jawaban yang akan anda temukan adalah beragam !

Iya, anda akan menemukan jawaban yang berbeda-beda dari pedagang yang berbeda. Dan bahkan untuk sebuah warung mie ayam yang terkenalpun juga memiliki angka pemasukan yang juga beda.

Dalam 1 bulan, ada seorang pedagang mie ayam yang mampu kantongi keuntungan sekitar 3 juta rupiah.  Ada juga yang biasa kantongi rata-rata profit bersih berkisar 10 juta rupiah. 

Namun bagi pelaku pemilik usaha kuliner yang sudah langgeng dan mempunyai pasaran yang ramai. Mereka sudah biasa kantongi profit per bulan 20 juta hingga 100 juta lebih perbulan.

Jawabanya Apa ?

Tidak pasti...

besar kecilnya sebuah keuntungan atau profit bisnis per bulan atau hari adalah tergantung dari berapa lama usaha berdiri, citra usaha atau merk, pelanggan yang sudah jadi, dan masakan enak atau tidak. Jika anda mampu hasilkan mie ayam yang enak dengan resep yang anda dapatkan dari sang ahli. Maka, anda kantongi 1 rumus untuk sukes.

Selain itu adalah adanya membangun pelanggan. Yakni dengan membangun kepercayaan atau trust, membangun nama usaha / brand merk, dan juga strategi marketing yang jitu.

Apakah mereka sukses ?

Iya, walaupun dikatakan mereka para pelaku usaha mie ayam yang sudah eksis beberapa tahun dikatakan sukses. Tapi, semua pasti melewati perjalanan susah atau belum berhasil. Untuk sukses, perjalanan tidak selalu manis. Ada juga jalan terjal yang perlu dilewati seperti :

  1. Pelanggan masih ragu dengan masakan kita
  2. lokasi kita agak susah dijangkau
  3. banyak yang belum tahu usaha kita
  4. Modal tidak mencukupi
  5. persaingan bisnis yang tidak sehat
  6. dan beberapa faktor lain
Semua itu bukan untuk kita takuti, namun kita lewati. Agar kita bisa menjadi pengusaha mie ayam yang sukses. Yang jelas, perjalanan awal tidak pasti manis, ada juga suka dan susahnya bisnis.


MENGINTIP SEJARAH MIE AYAM

Berdasarkan definisi yang sudah dijelaskan oleh beberapa media dan artikel. Mie ayam sendiri adalah masakan khas Indonesia yang dibuat dari mie kuning yang direbus di air yang mendidih, yang kemudian dituangkan ke dalam mangkuk, dan ditaburi saos, kecap, potongan daun sawi atau caisin dan ditaburkan suwiran ayam yang sudah dibumbu.

Pada asal muasalnya yang sudah dijelaskan tempo dulu berasal dari Tiongkok Selatan. Seiring perkembangan dengan jaman dan waktu makanan ini kemudian menjadi makanan khas tradisional di Indonesia. Karena ? banyak ditemukan di Indonesia.

Mengintip sejarah pedagang mie ayam. Di daerah Indonesia sendiri salah satu daerah yang sangat populer dengan penjual mie ayam adalah daerah Wonogiri Jawa Tengah.

Namun untuk sejarah yang kami tulis di atas mungkin masih perlu penggalian yang lebih dalam lagi dari para ahli sejarah. 

karena, kami hanya menemukan sedikit informasi mengenai sejarah. Akan lebih baik. Pada pertemuan kedepan, kami akan mencoba melakukan diskusi dengan para ahli makanan sehingga kami bisa  mendapatkan wawasan yang lebih detail mengenai ini.


KEUNGGULAN MIE AYAM

Makana yang cukup familiar ini ternyata memiliki banyak sekali keunggulan. Yang tentunya beberapa sudah kita ketahui atau baru saja ketahui. Antara lain :


  1. Mudah sekali didapatkan, karena hampir di tiap daerah baik di pinggir jalan atau pedagang keliling di Indonesia jumlahnya juga cukup banyak. Sehingga kemudahan dalam mendapatkannya tidaklah repot. 
  2. Rasanya enak, walaupun harganya bisa dibilang sangat terjangkau. Tapi jangan salah lhoh. Kalau makanan yang asik ini rasanya cukup nikmat. Ya, bahkan beberapa wisatawan yang pernah berkunjung ke Indonesia mengaku suka ketika pernah mencoba mencicipinya
  3. Banyak penggemarnya, ada point penting yang tidak boleh kita lewatkan di sini. Karena, memiliki rasa enak, murah dan juga terkenal. Tak heran lagi jika banyak sekali penggemarnya dari kalangan anak kecil, pemuda, pemudi, dewasa dan bahkan lansia
  4. Memiliki daya tarik sendiri, di beberapa unit usaha makanan yang mungkin baru dikenal. Mungkin kita perlu melakukan publikasi dan sosialisasi dulu ke calon konsumen untuk menarik minat produk makanan baru kita. Namun berbeda dengan mie ayam. Daya tarik yang dimiliki sudah menjadi magnet tersendiri yang cukup hemat tenaga marketing
  5. Penjualan yang fleksible : Mie ayam memiliki cara penjualan yang unik, yakni cukup fleksible. Anda bisa membuka gerai sederhana, gerobak sederhana berdiam di tempat atau keliling juga bisa
  6. dan lain-lainnya

CARA DAN TAHAP MEMBANGUN USAHA MIE AYAM

Oke pada bagian bab ini, kami akan berbagi kepada para pembaca setia kami. Berkaitan dengan strategi atau lebih fokus ke tahap untuk memiliki sebuah warung usaha  mie ayam sendiri. Beberapa tips atau resep ini kami bagikan khusus bagi anda yang memang serius ingin terjun disana. Buat yang menjadikan sebagai wacanapun juga boleh.

Ada beberapa tahapan yang perlu anda lalui, antara lain sebagai berikut ini :

TAHAP PENGENALAN DIRI

Mulailah dari mengenali diri anda sendiri. Coba temukan, hobi, minat atau passion Anda. Hal ini sangat membantu dalam anda menentukan langkah lebih lanjut. Cobalah kenali, apakah anda memang memiliki ketertarikan atau panggilan untuk usaha mie ayam atau sekedar iseng saja.

Akan lebih baik pada tahap ini jangan hanya sekedar iseng. Melainkan mempunyai rasa suka dengan dunia kuliner. 

Cobalah mencicipi semangkuk mie ayam dan temukan apakah anda mempunyai ketertarikan dengan makanan jenis ini. 

KONSULTASIKAN MINAT ANDA

Setelah anda menemukan adanya minat diri Anda dengan makanan mie ayam. Cobalah untuk berkonsultasi dengan orang2 terdekat anda. Minimal pasangan Anda atau keluarga anda. Mintalah pendapat mereka dan dukungan mereka jika membangun usaha mie ayam adalah salah satu destinasi bisnis yang akan Anda lakukan. 

Yakinkan mereka jika anda memang benar-benar serius dan menggeluti usaha ini. Jika anda punya pasangan, persetujuan jika perlu anda dapatkan. Untuk melancarkan niat usaha bisnis baru Anda.



LAKUKAN SESI BELAJAR

Tahap yang cukup penting untuk dilakukan oleh seorang calon pengusaha mie ayam adalah belajar. Yakni belajar membuat mie ayam dengan baik dan benar. Untuk bisa membuat dengan cara yang benar. Mempelajari secara teori dan juga resep-resep yang didapatkan dari internet saja tidak cukup. Bahkan jika tidak berhasil. Malah sering bikin kita tertawa sendiri kita merasakan rasanya bkin kita ketawa ( kayak seperti ada yang kurang )

Dari beberapa pengalaman yang ada. Belajar suatu resep makanan hanya sering mendapatkan hasil terbaik ketika mengetahui trik memasak dan resep kepada pedagang asli.

Anda bisa melakukan sesi kursus belajar private atau mengikuti sebuah pelatihan membuat mie ayam dari salah satu ahli.

Anda juga dapat membeli sebuah merk waralaba, dimana anda akan diberitahu resep secara detail, strategi pemasaran, cara memasak, pembuatan papan nama, sampai ke beberapa set alat jualan yang lengkap.

Oh ya, ngomong-omong kami juga membuka paket kursus pelatiham membuat mie ayam beserta resep rahasia untuk bumbu dll yang tentunya resep yang bikin citarasa mie ayam menjadi nikmat.

Kami juga menawarkan beberapa paket waralaba atau franchise yang tentunya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Setelah melakukan sesi belajar secara langsung dengan ahli. Hal yang terpenting lagi untuk dikerjakan adalah mengulang.

Kenapa mengulang ? mengulang atau mengasah ketrampilan berguna untuk mempertajam intuisi kita dalam mengolah masakan sehingga menemukan standar pembuatan yang pas, rasa yang pas, dan lincah.

Sesampai dirumah. Anda perlu mencoba lagi, melihat beberapa catatan penting yang didapatkan dari trainer, membeli beberapa bahan baku untuk masak, dan melatihnya memasak di rumah.


Tunggu moment sampai anda siap GO !


PERTIMBANGKAN LOKASI USAHA

Lokasi sebuah tempat bisnis menjadi bagian kesekian kali yang sangat urgent dalam membangun sebuah bisnis. Ada 2 jenis lokasi usaha yakni :



1. LOKASI SEWA : Kita dapat menyewa sebuah tempat berupa outlet di sebuah depan toko atau ruko atau juga bisa menyewa sebuah ruko secara langsung. Atau jika perlu, kita juga bisa menyewa stand di sebuah area kuliner tertata dengan biaya sewa bulanan atau juga tentukan. ini adalah opsional, pilih yang sesuai dengan perencanaan matang kamu dan budget kami

2. LOKASI BELI / MILIK SENDIRI : Atau bisa juga dengan menggunakan sebuah tempat milik diri sendiri, semisal sebuah rumah tinggal yang di bagian samping baik itu garasi rumah yang kita desain untuk warung mie ayam. Bisa juga dengan membangun konsep gerai mie ayam di toko atau ruko yang kita miliki dan kita proyeksikan untuk usaha tersebut.


ACTION 


Dan yang paling terpenting dari yang utama adalah action. 7 dari 10 calon konseptor usaha sering mengalami kegagalan dalam membangun kerajaan bisnis hanya karena... wacana saja. Wacana adalah suatu hal yang cukup membuat kita prihatin. Ya, inti dari semua itu adalah aksi. Tanpa aksi, semua hanya akan jadi angan-angan lalu dan entah kemana...

Milikilah keberanian dalam beraksi. Jangan hanya memendam bakat dan keahlian saja. Kamu tidak perlu tergesa-gesa, hanya perlu menentukan waktu yang paling tepat.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar